Sabtu, 18 Juni 2011

Modul

GAYA
Pernahkah kamu mendorong atau menarik mobil main- an? Tentunya kamu pernah melihat tukang bakso yang sedang mendorong gerobak baksonya. Kamu mungkin pernah melihat seorang tukang bangunan sedang me- narik gerobak bawaannya.Perhatikan Gambar 5.1.Mobil mainan yang tadinya diam, kemudian talin- ya ditarik oleh seorang anak, maka mobil itu bergerak dan berpindah tempat. Gerobak bakso, berpindah tem- pat setelah didorong oleh tukang bakso. Kegiatan yang dilakukan oleh anak tersebut dan tukang bakso adalah menarik dan mendorong benda. Sesuatu yang me- nyebabkan benda bergerak disebut gaya. Coba sebut- kan olehmu pada gambar-gambar berikut. Apakah ke- giatan tersebut termasuk mendo-rong atau menarik?1.

Gaya Dapat Mengubah Bentuk dan Ukuran Benda

Ambillah sebuah lilin mainan atau plastisin. Kemudian, buatlah bola dari plastisin tersebut. Lalu, tekanlah oleh jarimu bola plastisin tersebut. Apakah bola plastisin berubah bentuknya? Bola plastisin akan berubah bentuk tidak bulat lagi.
Kegiatan yang sama dapat kamu lakukan dengan menekan kaleng bekas air minum mineral. Kaleng menjadi penyok. Perhatikanlah Gambar 5.2. Jadi, dari kegiatan-kegiatan tersebut diperoleh bahwa gaya dapat mengubah bentuk suatu benda.
Gaya Dapat Mengubah Arah Gerakan Benda
Apakah kamu pernah menonton pertandingan sepak bola? Dalam pertandingan sepak bola, seorang pe- main menendang bola ke pemain lainnya dengan arah tendangan yang berbeda-beda. Ada yang arahnya ke depan, ke belakang, dan ke samping. Tendangan yang dilakukan pemain itu menyebabkan arah bola berubah. Gambar 5.4 memperlihatkan Leo menen- dang bola ke arah gawang. Jadi, gaya dapat mengubah arah gerak suatu benda.

Recent

all about matt

Foto saya
Blitar, east java, Indonesia
saya adalah anak orang biasa-biasa saja. Tetapi saya akan berusaha menjadi anak yang luar biasa.Blog ini ku tulis sendiri agar bertujuan baik dan semoga bermanfaat bagi kita semua